4 Macam Asuransi Jiwa Sebagai Jaminan Perlindungan Diri dan Keluarga

Berbagai jenis asuransi jiwa semakin diminati oleh masyarakat saat ini, terutama oleh orang yang berperan sebagai tulang punggung atau pencari nafkah di keluarganya. Tentu hal ini bukan yang aneh, mengingat risiko kematian adalah sesuatu yang sangat tidak terduga sehingga mempersiapkan perlindungan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan sangatlah penting.

Setidaknya, dengan menggunakan asuransi ini, maka keluarga yang ditinggalkan bisa memiliki uang cukup untuk bertahan hidup atau bahkan membuka usaha untuk mendapatkan penghasilan ke depannya.

Namun, ada banyak jenis asuransi jiwa yang membuat orang terkadang bingung harus memilihnya. Jika Anda saat ini berencana membeli polis asuransi ini, maka ada baiknya membaca informasi mengenai jenis asuransi ini terlebih dahulu. Berikut ini jenis asuransi jiwa menurut situs berita Merdeka:

Asuransi Jiwa Seumur Hidup / Whole Life Insurance

Asuransi jiwa ini hadir dengan memberikan jaminan perlindungan diri seumur hidup kepada pemegang polis / nasabah selama polis dikatakan masih berlaku. Meskipun disebut seumur hidup, tetapi biasanya perusahaan asuransi membatasi hingga usia 100 tahun. Untuk asuransi jiwa seumur hidup ini memiliki beberapa jenis seperti berikut :

  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup Tradisional
  • Last Survivor Life Insurance 
  • Asuransi Jiwa Seumur Hidup Gabungan

Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa ini umumnya hadir dengan memberikan pertanggungan selama jangka waktu tertentu. Kehadiran asuransi jiwa ini umumnya akan memberikan manfaat polis asuransi  hanya jika pihak tertanggung meninggal dunia dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan / polis dikatakan masih berlaku ketika pihak tertanggung meninggal dunia. Jika pihak tertanggung masih hidup sampai berakhirnya jangka waktu yang sudah ditetapkan, maka pemilik polis boleh melanjutkan perlindungan atau menghentikannya.

Asuransi Jiwa Dwiguna 

Jenis asuransi yang satu ini hadir dengan memberikan jumlah manfaat tertentu mengenai apakah pihak tertanggung hidup sampai akhir jangka waktu pertanggungan atau meninggal selama jangka waktu pertanggungan. Untuk setiap polis asuransi jiwa dwiguna ini sendiri memiliki tanggal jatuh tempo, yang mana akan tercapai pada akhir suatu jangka waktu yang sudah ditetapkan atau ketika pihak tertanggung sudah mencapai usia yang sudah ditetapkan.

Asuransi Unit Link

Merupakan asuransi jiwa yang hadir dengan memberikan dua manfaat sekaligus, yakni manfaat proteksi dan investasi kepada pihak pemegang polis / nasabah. Untuk jenis asuransi unit link ini, premi yang dibayarkan nantinya akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan yang terpisah, yakni pengelolaan dasar untuk kepentingan proteksi dan pengelolaan premi investasi. Membeli produk asuransi jiwa unit link ini akan membuat nasabah memperoleh manfaat perlindungan asuransi sekaligus bisa berpeluang mendapatkan imbal hasil atas investasi.

Setelah membaca informasi di atas, Anda bisa menentukan jenis asuransi jiwa manakah yang paling sesuai untuk Anda. Jika Anda masih ragu, maka tidak ada salahnya melakukan konsultasi pada agen perusahaan asuransi agar tidak salah dalam memilih.

About admin