Apa Itu Crowdfunding? Apakah Investasi Ini Menguntungkan?

Apa Itu Crowdfunding? Apakah Investasi Semacam Ini Menguntungkan?

Di era yang sudah semakin maju dan modern ini. ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan dana tambahan saat merintis sebuah usaha atau bisnis. Dulu, orang-orang hanya bisa melakukan pengajuan pinjaman lewat bank tapi saat ini, sudah ada alternatif lainnya yang memudahkan para pengusaha dalam melakukan pengajuan pinjaman yakni melalui equity crowdfunding Indonesia.

Apa itu crowdfunding? Crowdfunding atau equity crowdfunding merupakan sistem peminjaman modal yang menawarkan beragam kemudahan untuk pengusaha. Sistem ini juga mendapatkan izin dari OJK jadi sangat aman. Hadirnya sistem crowdfunding di Indonesia memungkinkan industri keuangan akan berkembang dan memberikan solusi bagi pengusaha yang ingin mendapatkan dana tambahan.

Terdapat beberapa pelaku yang akan terlibat dalam skema crowdfunding ini yaitu pebisnis yang melakukan peminjaman dana, platform dan investor. Jika Anda saat ini selaku investor atau pemilik dana dan ingin melakukan pemberian pinjaman dana melalui platform ini lebih baik simak dulu beberapa keuntungan berikut ini:

  1. Lebih Praktis

Keuntungan pertama yang akan didapatkan saat menggunakan platform atau situs crowdfunding dalam berinvestasi adalah lebih praktis. Jadi Anda tidak harus bertemu dengan peminjam dana karena semuanya akan dilakukan dengan sistem online. Platform ini tidak hanya bisa diakses oleh pemberi pinjaman yang sudah terakreditasi saja tapi semua yang punya dana lebih bisa melakukan investasi disini.

  1. Kepemilikan Saham

Kemudian, Anda juga akan mendapatkan keuntungan berupa kepemilikan saham pada sebuah perusahaan. Dengan adanya kepemilikan ini, itu artinya peluang Anda dalam mendapatkan keuntungan lebih besar. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan hingga berkali-kali lipat dari modal yang sudah Anda berikan di awal.

  1. Bisa Memilih Usaha Yang Akan Diberikan Pinjaman

Dan ketiga, Anda diberikan kebebasan dalam memilih dan memilah usaha mana yang akan Anda berikan pinjaman. Anda harus memilih usaha yang memiliki prospek menjanjikan kelak.

Tapi dibalik keuntungannya, ternyata kerugian dari sistem crowdfunding ini juga cukup besar. Kerugian pertama adalah risiko terhadap berbagai penipuan. Bisa saja ada seseorang yang membuat bisnis palsu supaya ada yang tertarik untuk berinvestasi. Dengan sistem online ini, Anda tentu tidak begitu mengetahui seperti apa latar belakang dari orang-orang yang Anda berikan pinjaman dana.

Selain itu, risiko kegagalan usaha menjadi kerugian selanjutnya untuk para pemberi modal pada sistem crowdfunding ini. Apabila usahanya gagal, Anda tidak memiliki aset yang bisa Anda ambil. Jadi risikonya sangat tinggi jika berinvestasi menggunakan sistem crowfunding ini.

Jika Anda ingin berinvestasi tapi dengan skema yang lebih aman, Anda bisa beralih ke investasi P2P atau Peer To Peer Lending. Dan salah satu platform crowdfunding yang bisa Anda gunakan adalah Amartha. Anda akan mendapatkan keuntungan mencapai 15% jika menjadi pemberi dana di Amartha. Dan keuntungan tersebut didapatkan per tahun. Selain itu, jika Anda ingin mengambil pembayaran angsuran, Anda bisa melakukannya kapanpun Anda mau.

Bisnis