7 Tips Mencuci Mobil Putih agar Bersih dan Bebas dari Serbuan Jamur

beli mobil Mitsubishi Indonesia

Ada banyak pilihan warna kendaraan yang bisa Anda temukan ketika Anda hendak beli mobil Mitsubishi Indonesia. Kendati demikian, putih merupakan warna primadona kendaraan yang diminati oleh banyak konsumen saat ini. Hal ini dapat terlihat dari harga mobil-mobil bercat putih bursa mobil baru maupun bekas.

Namun, warna putih sangat sensitif terhadap kotoran. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa lakukan saat mencuci mobil agar tampilannya selalu terjaga khususnya dari ancaman jamur.

  1. Cuci mobil di tempat teduh.

Pada dasarnya, tips yang satu ini berlaku untuk semua mobil dengan warna apa pun. Namun kiat ini menjadi lebih penting untuk mobil bercat putih sebab mencuci mobil di tempat teduh dapat meminimalisir kemunculan jamur pada bodi kendaraan. Hal ini mungkin terjadi apabila Anda nekat tetap mencuci di bawah sinar matahari hingga membuat sampo khusus yang dipakai cepat kering sebelum dibilas. Di samping itu, mencuci mobil di tempat teduh juga bisa menjaga warna cat agar selalu awet.

  1. Gunakan air yang tepat.

Pakailah air bersih dengan kandungan garam atau zat besi yang sangat minim. Sebab, air dengan kandungan garam atau zat besi tinggi bisa menimbulkan jamur dan bahkan karat pada mobil. Jika Anda ragu dengan kualitas air di rumah, Anda bisa pilih bawa ke bengkel cuci mobil terpercaya yang kualitas airnya sudah terukur sesuai standar.

  1. Pakai shampo khusus mobil berkualitas.

Cuci mobil berbeda dengan cuci baju. Artinya, Anda harus menggunakan sampo atau sabun khusus mobil saat mencuci kendaraan Anda. Sebab, sampo atau sabun tersebut memang secara khusus diformulasikan untuk kebutuhan cuci mobil. Dengan cara ini, mobil tak hanya bersih tapi warnanya juga akan awet lebih lama.

  1. Aplikasikan teknik cuci mobil yang tepat.

Dari saat Anda mengaplikasikan sampo mobil sampai Anda membilas, tentunya ada jeda waktu, kan? Karenanya, Anda bisa cuci mobil dengan “membagi” kendaraan ke beberapa bagian, misal depan-tengah-belakang. Lalu, beri sampo pada satu bagian dan bilas sebelum pindah ke bagian lain. Jadi, tidak ada risiko cat mobil rusak karena sisa sabun yang tertinggal.

  1. Bilas dengan benar dan sampai bersih.

Untuk menghindari kerusakan cat mobil atau warna mobil jadi pudar dan kusam, cara membilas mobil juga wajib Anda perhatikan. Cara yang paling direkomendasikan adalah membilas dari atas ke bawah. Hal ini juga berguna untuk mencegah risiko kotoran tersangkut pada celah-celah di mobil.

  1. Pakai kain lap dengan daya serap baik.

Dengan menggunakan kain lap berdaya serap baik, proses pengeringan mobil akan jadi lebih cepat setelah selesai mencuci. Lap seluruh permukaan mobil dengan baik dan angin-anginkan di tempat teduh. Hindari menjemur mobil setelah dicuci, karena mobil Anda jelas bukan jemuran pakaian, kan?

  1. Rutin poles body

Di samping itu, Anda juga perlu rutin memoles bodi mobil secara berkala. Selain membuat bodi mobil selalu terlihat berkilau, cairan poles mobil juga sebenarnya bisa menghilangkan bibit-bibit jamur yang menempel pada bodi agar tidak berkembang biak, lho! Anda juga bisa gunakan cairan khusus untuk menghilangkan jamur jika Anda memang sudah menemukan tanda-tanda jamur pada body kendaraan.

Nah, itu dia 7 tips cuci mobil warna putih yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Teknologi